The Wedding and Its Preparation

Hi again,

Today I will tell you about my wedding and its all preparation. Tiga tahun yang lalu, tepat pada tanggal 30 Maret 2014 saya dan (masih) calon suami menggelar syukuran sederhana untuk acara pertunangan dirumah saya di Temanggung. Keluarga inti dan beberapa sesepuh calon suami datang dengan  niat tulus “nembung” (melamar dalam istilah bahasa Jawa) kepada orang tua saya yang juga didampingi oleh keluarga inti serta beberapa sesepuh bahwa calon suami mempunyai niat lahir batin ingin menyempurnakan ibadah dengan melanjutkan hubungan dengan saya ke jenjang yang lebih mulia yaitu pernikahan. Alhamdulillah tentunya lamaran disambut dengan baik dan orang tua saya serta keluarga besar setuju dan lanjut ke dalam perencanaan pernikahan.

Marriage is about starting a new phase of life, dimana kita akan mempunyai pasangan hidup yang akan kita pertanggungjawabkan di dunia dan akhirat, dimana kita akan menjadi orang tua dan mempunyai keluarga baru, dimana masa depan anak cucu kita berada di tangan kita sebagai amanah dari Allah SWT dan hal lainnya yang menjadikan kita sebagai insan yang lebih bertanggung jawab. Namun dibalik tanggung jawab yang besar itu, Allah menjanjikan kepada umatnya kebahagiaan dunia dan akhirat which is even imagined. Jadi bagi yang belum menikah, segeralah menikah untuk menyempurnakan ibadah and be well prepared as we gonna be a most-responsible person for our new phase of life.

Beberapa orang memutuskan untuk merayakan momen sakral tersebut dalam acara yang meriah namun beberapa orang juga memutuskan untuk merayakannya secara sederhana. Kebetulan kami termasuk orang-orang yang ingin merayakannya dengan meriah namun tetap realistis karena kami sadar bahwa syukuran yang meriah membutuhkan budget yang tinggi dan setelah pernikahan masih banyak kebutuhan yang harus diselesaikan dengan anggaran yang tidak sedikit untuk kebutuhan primer. Dalam merencanakan syukuran pernikahan tentunya tidak semudah yang dibayangkan, pernikahan merupakan momen sekali seumur hidup dan tentunya kita ingin momen itu last forever dengan kenangan yang sangat berkesan. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, berikut tips yang dapat disimak dalam merencanakan syukuran pernikahan:

  1. Tentukan tanggal akad dan resepsi. Agar lebih efektif dan efisien jadikan acara akad dan resepsi dalam satu hari yang sama karena akan menghemat waktu dan tenaga. Disamping itu tentunya kita juga dapat menghemat biaya dekorasi dan make up.
  2. Tentukan budget untuk serangkaian acara pernikahan. Pastikan juga sumber budget tersebut jelas karena pembayaran tunai untuk serangkaian acara pernikahan biasanya dilakukan di awal sehingga jangan sekali-kali memperhitungkan perkiraan sumbangan yang akan didapatkan dari hari-H acara pernikahan (trust me, it’s most people do because we know that it used to be a huge amount hahaha lol). Tentukan juga kisaran jumlah tamu undangan karena ±75% dari budget adalah catering dimana semakin banyak tamu undangan maka semakin tinggi juga budget catering-nya.
  3. Tentukan tema pernikahan. Terdapat banyak tema pernikahan saat ini misal dengan adat tradisional, nasional atau internasional. Tema pernikahan juga akan berpengaruh ke setting tempat dan dekorasi bisa di rumah, gedung/ ballroom, taman, pantai, restoran, dll. Dengan budget yang sudah kita tentukan diawal tentunya hal tersebut akan menjadi alat kontrol kita untuk tetap realistis dalam menentukan tema dan setting pernikahan.
  4. Pesan tempat perayaan sesuai dengan tema dan setting yang telah ditentukan. Hal ini sangat penting dilakukan di awal karena di kota tertentu tempat untuk perayaan pernikahan terbatas dan mengingat bahwa kebanyakan pasangan ingin merayakan pernikahan secara meriah di tempat-tempat tersebut pada tanggal-tanggal favorit jadi siapa cepat dia lah yang dapat.
  5. Start to do research. Research sangat penting karena dengan melakukannya kita dapat membandingkan antar vendor penyedia jasa mulai dari dekorasi, catering, wedding and family make up + costumphotography/ cinematography, wedding organizer, undangan, souvenir dan akomodasi untuk keluarga yang jauh apabila diperlukan. Dengan melakukan research kita akan mendapatkan vendor penyedia jasa dengan harga yang kompetitif dengan kualitas sesuai harapan kita. Biasanya untuk perayaan di gedung/ ballroom hotel sudah menyediakan wedding package yang di dalamnya sudah termasuk semua jasa yang kita butuhkan, atau kita bisa bekerja sama dengan wedding organizer untuk take over seluruh persiapan yang harus kita lakukan, it will be more easy but pretty pricey indeed.
  6. Berkoordinasilah dengan pihak gedung dan wedding organizer terkait dekorasi dan layout setting agar terlihat indah dan tamu merasa nyaman.
  7. Lakukan test-food untuk memastikan menu yang akan dihidangkan cocok untuk lidah para tamu dan tentukan jumlah porsinya. Masing-masing wedding organizer mempunyai formula dan teknik tersendiri untuk menentukan jumlah porsi agar cukup, tidak berlebihan dan rasa serta penampilan makanan terjaga.
  8. Tentukan kostum pengantin yang akan dipakai mulai dari acara adat, akad sampai dengan resepsi. Tentunya dengan menyewa kita akan menghemat biaya namun beberapa orang prefer untuk membuatnya dan menjadikannya kenangan bahkan diwariskan turun temurun sampai anak cucu. Untuk make up, beberapa vendor menyediakan jasa test make up terlebih dahulu sebelum hari H sehingga hasil make up di hari H telah sesuai rencana. Lakukan diet dari makanan berlemak dan berminyak setidaknya satu bulan sebelum hari H agar kulit tampak bersih dan glowing pada saat hari H. Pastikan juga jasa make up dan baju untuk orang tua serta keluarga besar kita, karena jumlah mereka banyak dan ukuran baju pun beragam so be prepared for it.
  9. Pakailah jasa photography dan/atau cinematography yang telah berpengalaman dalam acara pernikahan karena beberapa vendor penyedia jasa ini misal hanya capable pada fotografi human interest, portrait, abstract, landscape, fashion, commercial, dll.
  10. Tentukan desain undangan dan sesuaikan desainnya dengan tema pernikahan yang kita tentukan sebelumnya. Saat ini banyak sekali vendor yang dapat membuat undangan yang cantik dan kreatif dengan biaya yang murah beserta dengan souvenirnya, so as I told you research is must-to-do.
  11. Apabila kita mempunyai banyak keluarga dari luar kota maka sepantasnya kita sediakan akomodasi penginapan untuk mereka karena tidak mungkin pada hari yang sama juga mereka melakukan perjalanan pulang-pergi dengan jarak yang jauh. Pastinya mereka luangkan waktu dan menempuh perjalanan jauh untuk ikut memeriahkan momen pernikahan kita so menyediakan akomodasi untuk mereka adalah salah satu bentuk terima kasih kita kepada mereka.

Selesailah sudah persiapan yang harus dilakukan untuk menggelar acara syukuran pernikahan. Dibalik itu semua, kita harus berdoa dan memohon restu dari orang tua serta para keluarga besar agar acara syukuran pernikahan barokah, berjalan dengan lancar tanpa hambatan mulai dari persiapan sampai dengan selesai acara.

Well, just for sharing berikut beberapa dokumentasi yang mewakili dari bagian acara syukuran pernikahan saya yang diselenggarakan pada tanggal 03-04 April 2015:

5

6

Kami memutuskan untuk memakai adat Jawa karena memang kami berdua berasal dari Suku Jawa, dan kami pun melaksanakan serangkaian adat pra pernikahan Jawa. Namun dalam acara akad, karena acara tersebut sangat sakral dan Islami maka kami memutuskan untuk mengkombinasikannya dengan sentuhan Jawa Modern. Begitupun juga pada acara resepsi dalam busana, dekorasi serta setting acara kami mengkombinasikannya dengan Jawa Modern. Untuk tempat kami putuskan di sebuah ballroom hotel di Magelang dimana posisi kota Magelang berada di tengah-tengah kota asal kami yaitu Temanggung (saya) dan Kebumen (suami) sehingga memudahkan para tamu untuk hadir. Hotel tersebut telah menyediakan wedding package sehingga kami yang sibuk dengan pekerjaan masing-masing di luar kota sangat dimudahkan dengan jasa ini. Namun tetap saja diperlukan koordinasi yang matang antara klien dengan vendor, sehingga persiapan dilakukan mostly oleh kedua orang tua saya tercinta (big thanks to you papi mami). Kami juga menyediakan akomodasi untuk keluarga kami yang jauh dari luar kota dengan menyewa penginapan sehingga tamu nyaman kami pun ikut senang.

Yup, that’s all my sharing about the wedding and its preparation. Hopefully we can get through the preparation and have an everlasting wedding ever in our own heart. Beyond all of that, the point is not about the wedding but new phase of life after the wedding.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s